Jeruk atau limau adalah semua tumbuhan berbunga anggota marga Citrus dari suku Rutaceae (jeruk-jerukan). Anggotanya berbentuk pohondengan buah yang berdaging dengan rasa masam yang segar, meskipun banyak di antara anggotanya yang memiliki rasa manis. Rasa masam berasal dari kandungan asam sitrat yang memang menjadi terkandung pada semua anggotanya. Sunpride sendiri memiliki beberapa jenis jeruk, yaitu Navel Orange (jeruk potong, berkulit orange menyala, tanpa biji), Jeruk Siam Madu (jeruk kupas, berkulit kuning mengkilat, tipis dan permukaan halus), Jeruk Keprok (jeruk kupas, berbentuk bulat pendek atau agak bulat dengan kulit buah berlekuk kedalam), Jeruk Baby (jeruk potong, berkulit hijau dengan sedikit semburat kuning, dinamakan jeruk baby karena air perasan jeruk ini biasa diberikan pada bayi) dan Jeruk Bali atau pomelo (jeruk kupas, berbentuk bulat agak lonjong, kulit tebal lunak berwarna hijau muda atau kuning keemasan).

Anggota keluarga jeruk seperti lemon, limau/jeruk nipis, dan lain sebagainya memang mirip satu sama lain. Kadang-kadang, bagi sebagian orang membedakan buah lemon dan jeruk nipis merupakan hal yang sulit. Lantas, apakah perbedaan dari dua buah ini? Untuk mengetahui lebih lanjut, mari kita simak penjelasan berikut ini :

Identifikasi
Perbedaan paling jelas antara lemon dengan jeruk nipis adalah dari segi warna. Lemon biasanya memiliki warna kuning, sementara jeruk nipis hijau. Keduanya adalah keluarga Rutaceae, tetapi genus dan spesies-nya berbeda. Lemon masuk ke dalam genus dan spesies jeruk limon, sementara jeruk nipis masuk sebagai spesies jeruk aurantifolia.

Asal
Menurut Encyclopedia.com buah jeruk nipis berasal dari Asia Tenggara, tapi sudah cukup populer di Eropa serta Florida dan California. Sementara Lemon asalnya dikaitkan dengan barat laut India, Italia selatan, Irak, Mesir, dan China, menurut Universitas Purdue.

Pertumbuhan
Lemon dapat tumbuh pada pohon yang tingginya bisa mencapai 30 meter. Sementara jeruk nipis pohonnya hanya setinggi 6,5 – 13 meter saja.

Varietas
Masih menurut penilitian yang dilakukan di Universitas Purdue, ada sekitar 7 varietas jeruk nipis. Sementara Lemon setidaknya memiliki sekitar 20 varietas.

Khasiat
Buah jeruk nipis memiliki khasiat sebagai zat pendingin, sedangkan lemon lebih aromatik, anti inflamasi, dan diuretik.