Pisang-Ambon-Sunpride

Pisang adalah nama umum yang diberikan pada tumbuhan terna raksasa berdaun besar memanjang dari suku Musaceae. Beberapa jenisnya (Musa acuminataM. balbisiana, dan M. ×paradisiaca) menghasilkan buah konsumsi yang dinamakan sama. Buah ini tersusun dalam tandandengan kelompok-kelompok tersusun menjari, yang disebut sisir. Hampir semua buah pisang memiliki kulit berwarna kuning ketika matang, meskipun ada beberapa yang berwarna jingga, merah, hijau, ungu, atau bahkan hampir hitam. Buah pisang sebagai bahan pangan merupakan sumber energi (karbohidrat) dan mineral, terutama kalium.

Pisang Ambon atau biasa dikenal dengan pisang hijau mengandung senyawa yang disebut asam lemak rantai pendek, yang memelihara lapisan sel jaringan dari usus kecil, secara dramatis meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap nutrisi. Menurut laporan dalam Journal Pediatric Infectious Disease, pisang hijau/ambon matang efektif dalam mengurangi keparahan klinis dari penyakit diare.


Ketersediaan Pisang Cavendish

Ketersediaan Pisang SINGLE

Ketersediaan Pisang Mas

Ketersediaan Pisang Barangan

Ketersediaan Pisang Raja Bulu

Ketersediaan Pisang Kepok

Ketersediaan Pisang Tanduk


Lokasi Pisang Ambon Sunpride

Nilai Gizi

 

Kalori Energi 121
1 Mangkok Pisang (Besar) 136g
%angka kecukupan gizi
Potasium 487 mg 14%
Karbohidrat 31 g 10%
Serat Pangan 4 g 14%
Gula 17 g -
Protein 1 g -
Total Lemak 0 g -
Vitamin A - 2%
Vitamin B6 - 25%
Vitamin C - 20%
Mangan - 18%
Magnesium - 9%
Zat Besi - 2%
Riboflavin - 6%
Niasin - 5%
Folat - 7%
Kalsium - 1%
Kalori Energi 105
1 Mangkok Pisang (Medium) 118g
%angka kecukupan gizi
Potasium 422 mg 12%
Karbohidrat 27 g 9%
Serat Pangan 3 g 14%
Gula 14 g -
Protein 1 g -
Total Lemak 0 g -
Vitamin A - 2%
Vitamin B6 - 22%
Vitamin C - 17%
Mangan - 16%
Magnesium - 8%
Zat Besi - 2%
Riboflavin - 5%
Niasin - 6%
Folat - 1%
Kalsium - 1%
[/sws_zebra_table_csv]

Manfaat Pisang

Menyehatkan saluran cerna Pisang mengandung serat, karbohidrat yang membantu mengatur sistem pencernaan tubuh dengan membantu mempertahankan gerakan usus tetap teratur. Pisang juga mengandung pektin, yang membantu untuk meningkatkan pencernaan secara keseluruhan dan mencegah sembelit. Tidak hanya itu, pisang juga memiliki efek antasid, yang membantu mencegah kekambuhan penyakit maag. Rutin makan pisang juga membantu mengurangi risiko kanker lambung. Jika Anda memiliki masalah pada lambung, cobalah tambahkan pisang ke dalam menu diet Anda, untuk membantu mengatasi masalah pencernaan.

Sumber kalium terbaik Makan pisang adalah cara termudah untuk tubuh kita memeroleh kecukupan potasium. Kandungan potasium pada pisang memberikan efek menenangkan pada pikiran yang sedang suntuk. Tingkat stres yang tinggi cenderung akan menguras kadar potasium dalam tubuh manusia. Dengan makan pisang, kita dapat membantu menjaga keseimbangan potasium dalam tubuh yang disebabkan stres.

Meningkatkan fungsi ginjal Potasium pada pisang memiliki efek samping yang baik bagi ginjal. Ketika tubuh Anda mendapatkan cukup potasium, tubuh akan mengontrol pengeluaran kalsium dalam urin. Kondisi ini akan membuat ginjal Anda tetap berfungsi baik, di samping juga mengurangi risiko batu ginjal. Perlu diketahui bahwa pisang memiliki tingkat senyawa fenolik antioksidan yang tinggi, yang berperan membantu melindungi ginjal.

Memperkuat tulang Pisang memiliki kandungan prebiotik yang disebut fructooligosaccharide. Fructooligosaccharide memungkinkan tubuh kita untuk menyerap nutrisi lebih mudah. Hal itu berarti bahwa pisang akan membantu tubuh Anda menyerap kalsium, sehingga memberikan Anda dengan tulang yang kuat. Bahkan, kandungan potasium pada pisang dapat membantu mencegah hilangnya kalsium, yang berarti bahwa Anda memiliki risiko lebih rendah untuk terserang osteoporosis di kemudian hari.

Turunkan tekanan darah Dokter sering menganjurkan pasien dengan tekanan darah tinggi (hipertensi) untuk menambahkan lebih banyak pisang kedalam diet mereka. Mengapa? Karena kadar kalium yang tinggi dan sodium yang rendah dalam pisang merupakan kombinasi yang bagus untuk mencegah tekanan darah tinggi dan mengurangi risiko stroke.

Meningkatkan energi Pisang kaya kandungan karbohidrat sehat yang berperan membantu meningkatkan energi. Makan pisang saat sarapan atau setelah latihan yang berat dapat menjadi cara terbaik untuk meningkatkan energi tanpa harus mengonsumsi minuman manis.

Menyehatkan pengelihatan Makan pisang setiap hari dapat memberikan manfaat besar bagi penglihatan. Makan sedikitnya tiga porsi buah per hari dapat menurunkan resiko gangguan pengelihatan yang terkait dengan usia atau biasa disebut degenerasi makula. Seseorang yang mengonsumsi tiga atau lebih porsi buah per hari 36 persen lebih rendah untuk menderita degenerasi makula daripada mereka yang mengkonsumsi kurang dari 1,5 porsi sehari. Tidak pernah ada kata terlambat untuk mulai mengonsumsi pisang untuk mencegah kehilangan penglihatan lebih lanjut.

Memengaruhi mood Pisang memiliki triptofan, senyawa asam amino yang membantu tubuh memproduksi serotonin. Neurotransmiter ini membantu Anda untuk merasa tenang dan menstabilkan suasana hati (mood) secara alami.


Bagaimana Cara Mengkonsumsi Pisang?

  1. Dimakan langsung setelah dibuka kulitnya
  2. Diiris dan dimasukan kedalam smoothie
  3. Dicampurkan dengan es krim dan topping lain yang disukai menjadi banana split
  4. Dibuat menjadi topping kue tart
  5. Dibuat menjadi jus pisang
  6. Dibuat menjadi pisang bakar, pisang goreng & pisang panggang
  7. Dimakan dengan chocolate fondue
  8. Dimasukan kedalam salad buah
  9. Dibuat menjadi bahan dasar membuat tart/kue/muffin/cupcakes