Pepaya-hawai1

Pepaya (Carica papaya L.), atau betik adalah tumbuhan yang berasal dari Meksiko bagian selatan dan bagian utara dari Amerika Selatan, dan kini menyebar luas dan banyak ditanam di seluruh daerah tropis untuk diambil buahnya. C. papaya adalah satu-satunya jenis dalam genus Carica. Nama pepaya dalam bahasa Indonesia diambil dari bahasa Belanda, “papaja”, yang pada gilirannya juga mengambil dari nama bahasa Arawak, “papaya”. Dalam bahasa Jawa pepaya disebut “katès” dan dalam bahasa Sunda ”gedang”.

Pepaya Hawaii menawarkan lebih dari hanya rasa tropis yang lezat. Mereka adalah sumber makanan yang kaya nutrisi dan cocok untuk dikonsumsi agar hidup sehat. Pepaya Hawaii terbak adalah pepaya yang sudah matang dan setidaknya sebagian dari ujungnya bulat berwarna agak kuning, namun tidak sepenuhnya matang dan lembut.


Ketersediaan Papaya Hawai, Aloha


Lokasi Kebun Pepaya Hawaii Sunpride

 


Nilai Gizi

Kalori Energi 55
1 Mangkok Pepaya 140g
%angka kecukupan gizi
Potasium 360 mg 10%
Karbohidrat 14 g 5%
Serat Pangan 3 g 10%
Gula 8 g -
Protein 1 g -
Total Lemak 0 g -
Vitamin A - 31%
Vitamin E - 5%
Vitamin C - 144%
Vitamin K - 5%
Magnesium - 3%
Zat Besi - 1%
Riboflavin - 3%
Niasin - 2%
Folat - 13%
Kalsium - 3%

Manfaat Pepaya

  1. Anti Oksidan. Pepaya tidak hanya menawarkan rasa yang lezat dan warna yang diterangi matahari, tetapi merupakan sumber yang kaya nutrisi antioksidan seperti karoten, vitamin C dan flavonoid; vitamin B, asam folat dan pantotenat, dan mineral, kalium dan magnesium, dan serat. Bersama-sama, memberitkan kesehatan sistem kardiovaskular dan juga memberikan perlindungan terhadap kanker usus besar. Selain itu, pepaya mengandung enzim pencernaan, papain, yang digunakan seperti bromelain, enzim serupa yang ditemukan pada nanas, untuk mengobati cedera olahraga, penyebab lain trauma, dan alergi.
  2.  Mengencangkan payudara. Pepaya di percaya oleh nenek moyang kita sejak dulu sebagai buah yang dapat mengencangkan payudara. Enzim di dalam buah pepaya dapat membantu pertumbuhan payudara sehingga lebih kencang dan kenyal. Pepaya juga diperkaya dengan hormone pengencang serta vitamin A yang merangsang pengeluaran hormon wanita dan merangsang indung telur mengeluarkan hormone betina. Dari hormon tersebut kelenjar susu akan lancar dan bentuk payudara semakin ideal.
  3. Melawan Penyakit Jantung. Nutrisi dalam pepaya membantu mencegah oksidasi kolesterol dalam tubuh Anda. Hal ini penting karena ketika kolesterol menjadi teroksidasi dapat menempel pada dinding pembuluh darah Anda, menyebabkan plak yang dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke.
  4. Membuat Awet Muda. Kadar vitamin C dalam pepaya adalah 48 kali lipatnya buah apel!!. Pepaya juga aktif sebagai detoksifikasi sehingga dapat menyegarkan kulit dari dalam. Pepaya juga dapat mendorong proses metabolisme kulit. Pepaya juga baik melumerkan lapisan kulit dan zat tanduk penuaan yang timbul dipori-pori sehingga kulit lebih kencang dan cerah. Jadi, mulai sekarang rajin-rajin saja pakai masker buah pepaya atau facial pepaya
  5. Meningkatkan Sistem kekebalan Anda. Karena pepaya sangat kaya vitamin A dan C, maka dari itu buah pepaya sangat baik untuk dimakan agarmenjaga fungsi sistem kekebalan tubuh Anda dengan benar.
  6.  Pelangsing Tubuh. Buah pepaya punya khasiat menguruskan tubuh. Dengan rajin mengkonsumsi pepaya muda dapat menghasilkan enzim dua kali lipat dari pepaya matang. Nah, enzim tersebut berperan sebagai pengurai lemak dalam tubuh kita. Enzim itu juga mengurai protein lebih baik serta melenyapkan daging berlebih.

Bagaimana Cara Mengkonsumsi Pepaya?

  1. Dimakan langsung, cukup dicuci bersih terlebih dulu lalu di potong serta dibersihkan dan dibuang biji dan kulitnya
  2. Dimasukan kedalam salad buah
  3. Dibuat jadi sate buah
  4. Dibuat sebagai jus pepaya
  5. Dibuat menjadi manisan papaya